Thursday, October 18, 2012

Cara Mengurangi Stres Di Tempat Kerja Baru

Kota Cepu. Mungkin beberapa orang mengalami stress saat pertama masuk kerja, tidak dipungkiri kita harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan mungkin lingkungan itu tidak cocok bagi kita. Disini kami akan memberikan sedikit saran / tips bagaimana cara mengurangi stres di tempat kerja baru.

Bersikaplah Riang.
Sikap yang riang akan memacu anda menjadi pribadi yang menyenangkan di tempat kerja. Secara tidak langsung, suasana ini dapat membantu meningkatkan prestasi kerja.


Jangan Suka Mendramatisir Segala Sesuatu.
Tak perlu anda katakan bagaimana sibuk atau lelahnya anda bekerja, kurang tidur dan istirahat, serta ketiadaan waktu untuk urusan pribadi anda. Kebiasaan berkeluh kesah hanya menambah murah suasana.

Percaya Pada Intuisi.
Belajarlah mendengarkan intuisi anda. Hal itu dapat dirasakan apabila hati anda dalam keadaan tenang dan hening. Coba dan biasakan untuk mendengarkan suara hati.

Anggap Tekanan Dan Frustasi Sebagai Kerikil Dalam Perjalanan Menuju Sukses.
Tekanan atau stres akan menghalangi intuisi dan kreativitas anda, sekaligus mengurangi energi dan menghilangkan rasa humor.

Luangkan Waktu Istirahat Sejenak.
Kebiasaan mengerjakan pekerjaan seharian penuh, memang akan menuntaskan pekerjaan pada hari itu juga, namun cobalah untuk sesekali beristirahat.

Terbuka Dan Utamakan Nalar Ketimbang Emosi
Bertindak dengan nalar dan kepala dingin, sesuai dengan masalah yang dihadapi. Hal ini akan mendorong anda menjadi pribadi yang makin matang dan lebih efektif.

Jangan Suka Menunda.
Bila anda menghadapi masalah, prioritaskan untuk menyelesaikan sesegera mungkin.

Jangan Ngotot Membela Diri
Bila atasan anda memberikan komentar yang kurang menyenangkan pada laporan yang telah anda buat dengan susah payah dan memakan waktu lama, jangan cepat-cepat membuat pembelaan. Tenangkan diri anda dahulu. Simak baik-baik seluruh komentarnya, lalu kaji apakah memang benar demikian ?

Selalu Tebarkan Kebajikan.
Tebarkan kebajikan ditempat kerja. Seperti bersikap baik, sopan satun, ramah dan tidak kasar dalam bertutur kata, serta menghargai rekan-rekan anda. Percayalah, anda akan mudah keluar dari kesulitan bila melakukannya.

Hindari Gosip.
Sadarilah bahwa bergosip akan membuang waktu dan tenaga sia-sia. Tetapi tetap saja sediakan waktu untuk ngobrol, tapi jangan dijadikan kebiasaan.

Hindari Saling Serang Antar Pribadi
Tidak ada manusia yang sama didunia ini. Beberapa rekan kerja / atasan mungkin memiliki karakter yang sulit dan keras dalam bekerja sama. Anggap perbedaan karakter sebagai anugrah yang dapat membuat suasana kerja lebih menarik.

Semoga saran / tips " Cara Mengurangi Stres Di Tempat Kerja Baru " diatas bisa bermanfaat bagi anda semua...

No comments:

Post a Comment