Thursday, December 2, 2010

13 TIPS MENGGUNAKAN DAN MERAWAT BATERAI

Penggunaan dan perawatan baterai dapat mempengaruhi umur baterai. Berikut ini adalah cara menggunakan dan merawat baterai supaya awet alias tahan lama :

1. Untuk baterai yang sudah terisi (fully charge) dari pabrik bisa langsung digunakan dan bisa di charge jika sudah < 20%. Untuk baterai kosong (<20%), perlu dicharge dulu sebelum digunakan. Baca petunjuk cara melakukan charge baterai anda.

2. Baterai baru memerlukan 2 - 4 kali siklus charge untuk dapat mencapai kapasitas optimalnya. Kadang-kadang proses charge berhenti padahal baterai belum terisi penuh. Jika ini terjadi, lepaskan baterai dari netbook, dan pasang kembali. Mungkin ini akan terjadi beberapa kali pada baterai baru. Dan ini normal.

3. Untuk memperpanjang umur baterai :* lepaskan baterai jika sudah habis dan belum sempat di charge. * charge baterai hanya jika kapasitas baterai sudah dibawah 40%. * Setiap kali charge, usahakan sampai full (100%). * Jangan biarkan baterai dalam kondisi di charge terus menerus, dan hentikan charge jika baterai sudah terisi full.

4. Jika baterai tidak digunakan dalam jangka yang lama (1 bulan atau lebih), lepaskan baterai dari notebook. dan simpan di tempat yang bersih dan kering serta sejuk.

5. Jangan menempelkan logam pada elemen kaki baterai, karena bisa menyebabkan hubungan pendek yang merusak baterai.

6. Jangan menjatuhkan, memukul atau menyebabkan benturan pada baterai. Hal ini bisa menyebabkan bagian dalam baterai longgar dan rusak.

7. Jangan terkena cairan atau terkena hujan.

8. Jangan membiarkan aliran listrik terus menerus jika baterai terpasang di notebook. Hal ini menyebabkan baterai terisi terus menerus. Sebaiknya gunakan baterai setidaknya dua minggu sekali sampai habis.

9. Melakukan charge baterai lebih efisien pada suhu yang sejuk. Idealnya pada suhu sepuluh drajat sampai tiga puluh drajat Celcius.

10. Pada saat dicharge, baterai bisa menjadi panas. Sebaiknya tidak langsung menggunakan baterai yang baru di charge. Diamkan baterai terlebih dahulu.

11. Lakukan charge baterai di tempat terbuka.

12. Jangan meletakan baterai di tempat yang panas sekali. Tidak disarankan untuk meletakan baterai di dalam mobil yang diparkir di bawah terik matahari.

13. Jangan membuang baterai bekas di sembarang tempat

Inilah tips untuk merawat baterai.....

Semoga bermanfaat.....

by: komputek

No comments:

Post a Comment