Wednesday, August 15, 2012

Cara Pintar Menjaga Ginjal

Kota Cepu. Memelihara kesehatan ginjal itu sebetulnya mudah dan sederhana, hanya butuh kedisiplinan dalam menjalani pola hidup sehat serta melengkapinya dengan pemeriksaan laboratorium berkala.

Cara pintar menjaga ginjal :

1.       Olah raga secara teratur
Jalan kaki 4-5 kali seminggu untuk membantu menjaga kesehatan jantungyang juga baik untuk ginjal anda.  Kendalikan berat badan, dari suatu penelitian yang dimuat dalam jurnal American Society of Nephrology tahun 2006, diketahui bahwa kegemukan meningkatkan resiko penyakit ginjal. Seseorang yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) >30 beresiko mengalami penyakit ginjal sebesar 3 – 4 kali lipat, sedangkan mereka yang memiliki IMT > 25 beresiko mengalami penyakit ginjal sebesar 2 kali lipat.

2.       Menjaga pola makan / minum yang sehat
Hindari minuman soda, hindari makanan olahan / awetan, batasi penggunaan garam, ganti daging berlemak tinggi dengan ikan atau daging tanpa lemak. Minum sedikitnya 6 – 8 gelas sehari atau minimal 2 liter.


3.       Rutin melakukan pemeriksaan laboratorium setiap tahun
Lakukan pemeriksaan Cystatin C setahun sekali untuk mengetahui apakah laju penyaringan oleh ginjal kita masih baik. Lakukan pemeriksaan Albumin Urin Kuantitatif (AUK) untuk mengetahui apabila terdapat kebocoran protein (albumin) dalam urin, karena secara normal protein tidak dibuang bersama urin. Lakukan pemeriksaan tekanandarah secara teratur, karena tekanan darah tinggi meningkatkan resiko penyakit ginjal.

4.       Ketahui riwayat kesehatan dalam keluarga
Riwayat penyakit seperti Diabetes, hipertensi dan penyakit ginjal yang di alami orang tua menyebabkan anak cenderung mengalami hal yang sama dibanding mereka yang berasal dari keluarga tanpa riwayat penyakit tersebut, sehingga lebih berhati-hati.

5.       Berhenti merokok dan minum alkohol
Hasil studi American Physiological Society tahun 2007 menyimpulkan bahwa nikotin merupakan faktor resiko keparahan penyakit ginjal. Hasil penelitian yang dimuat pada jurnal Evid Based Nurse 2007 menyimpulkan bahwa kombinasi antara merokok dan minum alkohol meyebabkan meningkatnya resiko penyakit ginjal kronik

6.       Berhenti konsumsi obat pereda nyeri
Jika anda tidak terlalu memerlukannya, hindari mengkonsumsi obat pereda nyeri, juga obat-obatan jenis nonsteroid atau NSAID

7.       Segera berobat ke dokter jika saat ini anda diduga mengalami penyakit ginjal.
Jangan tunda pengobatan, turuti nasihat dokter agar penyakit ginjal anda tidak semakin parah.

Dengan menjalani pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan berkala, semakin sempurnalah perlindungan ganda bagi ginjal anda.

No comments:

Post a Comment