Monday, August 27, 2012

8 Labs Gmail Terbaik

Kota Cepu. Jika anda pengguna Gmail, maka tidak ada salahnya mencoba proyek yang sebenarnya termasuk eksperimental ini. Gmail Labs merupakan addon yang berguna untuk meningkatkan penggunaan Gmail secara keseluruhan. Addon ini sangat berguna untuk menghemat langkah klik yang intinya memudahkan anda dalam menggunakan Gmail. Untuk mengaktifkan Labs, silahkan sign in ke akun Gmail anda. Dan Pada pojok kanan atas, klik ikon gear dan pilih settings. klik tab Labs dan pilih Addon yang diinginkan.

1. Undo Send
Merupakan salah satu Labs terbaik. Dengan "undo send" anda dapat membatalkan (meng-undo) pengiriman email. Labs ini akan memberikan anda kesempatan untuk membatalkan pengiriman email hingga 5 detik, ingat !!!! hanya 5 detik saja setelah anda menekan tombol "send", dan jika lebih dari 5 detik maka email akan terkirim secara otomatis.

2. Extra Emoji
Bagi anda yang terbiasa menggunakan berbagai emoticon lucu, maka Labs yang satu ini dapat menjadi pilihan. Extra Emoji menyediakan lebih dari 1200 emoticon yang terbagi dalam beberapa kategori. Anda dapat menambahkan emoticon seperti hewan, rambu lalu lintas, animasi dan sebagainya. Sebaiknya Anda coba sendiri saja ya.... hehehe


3. Custom Keyboard Shortcuts
Beberapa orang senang menggunakan shortcuts pada keyboard untuk memudahkan perintah pada aplikasi, termasuk juga pada Gmail. anda dapat menentukan shortcut sendiri untuk perintah tertentu pada Gmail, misal Compose, Search, dan sebagainya. Secara default Gmail sudah menentukan shortcut, tapi bila anda tidak terbiasa maka kustomasilah sesuai keingginan anda.

4. Message Sneak Peek
Ketika ingin melihat isi detail dari suatu pesan, maka jelas anda harus meng-klik email dari pengirim terlebih dahulu. Dengan Labs ini anda dapat "mengintip" isi email tanpa harus meng-kliknya, sehingga dapat mengetahui secara cepat dan tentunya menghemat waktu.

5. Google Docs Previews In Mail
Lab ini memungkinkan anda untuk melihat preview dari dokumen langsung pada email ketika menerima link untuk mengakses ke Google Docs. Selain preview, tersedia juga opsi untuk membuka dokumen langsung di Google Docs pada tab window baru browser.

6. Preview Pane
Fungsinya hampir sama dengan Message Sneak Peek, bedanya dengan meng-klik salah satu email yang diterima, maka isi pesan langsung tampil di jendela / window samping kanan. Anda pun dapat menentukan posisi jendela tersebut.

7. Unread Message Icon
Ketika Labs ini diaktifkan, maka akan terintegrasi dengan browser seperti Crome dan FireFox. Nanti akan ditampilkan jumlah pesan yang belum dibaca.

8. Inserting Image
Cocok sekali bila anda ingin memasukan gambar, misalnya berupa kartu nama atau logo perusahaan. Cara sebelumnya memang sedikit merepotkan dimana anda harus melakukan copy-paste ke dalam boks pesan untuk memasukan gambar. Dengan Labs ini anda dapat meng-upoad gambar langsung dari harddisk atau URL Website.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment