Saturday, July 23, 2011

Menjaga Performa Harddisk


Harddisk merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah PC. System harddisk sedikit banyak mempengaruhi satu kinerja dari PC itu sendiri. Meskipun semua mesin pendukung punya performa bagus, tapi kalau harddisk kurang mendukung performa PC secara keseluruhan maka performa PC pun tetap kurang maksimal.
Untuk itu anda perlu menjaga performa harddisk agar bekerja lebih baik. Dibawah ini ada beberapa tips ringan untuk meningkatkan performa computer dari sisi harddisk.

  1. Biasanya bila harddisk anda hamper penuh, maka waktu responnya akan lambat. Pertama gunakan tool disk cleanup untuk menghapus file lama dan mengompresi file yang ingin disimpan. Setelah melakukannya hapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan menggunakan Add or Remove Programs.
  2. Defrag harddisk secara rutin, terutama jika anda baru melakukan pembersihan besar-besaran. Anda akan merasakan peningkatan setelah itu selesai dilakukan. Defrag akan mengurutkan ulang data pada harddisk, menempatkan blok data secara berdampingan, dan mempercepat waktu pencarian.
  3. Pindahkan folder print spool ke drive lain untuk mempercepat pencetakan. Buat folder baru pada drive lain. Buka printer and faxs pada control panel, klik File, Server properties, pilih tab Advanced dan kemudian ada folder spool masukan lokasi yang baru.
  4. Write caching memungkinkan data ditulis di cache dan disimpan diharddisk pada waktu idle. Pada Device Manager klik kanan harddisk dan pilih properties. Pilih tab properties dan klik “enable write caching on the disk”.
  5. Pengindeksan harddisk mempercepat waktu pencarian, tetapi jika dilakukan beberapa pencarian, maka harddisk akan menjadi lambat dan mempengaruhi pekerjaan yang lain. Pada My Computer klik kanan drive C: lalu pilih properties. Hilangkan tanda centang (?) pada “Allow Indexing Service… “.
  6. Percepat waktu start up dengan mengurangi beban harddisk. Gunakan system Configuration Utility (msconfig) untuk menghapus item yang tidak dibutuhkan pada start up, tetapi biarkan program penting seperti antivirus.

Demikian tips tips ringan mengenai performa harddisk… semoga bermanfaat….

NB: Bagi yang pengen cari duit diinternet dengan gratis (Program PTC), silahkan klik banner banner disamping….TERIMA KASIH....

No comments:

Post a Comment